anyth!n9

welcome

welcome to joecendol world...
enjoy ur self with smile...
;-)

Kamis, 23 September 2010

Honda New Mega Pro versus Yamaha Byson 2010

Honda New Mega Pro VS Yamaha Byson



Honda New Mega Pro VS Yamaha Byson di Tahun 2010 ini pabrikan Yamaha Dan Honda Sedang bersaing di kelas motorsport. Meskipun Yamaha dan Honda mengeluarkan motor type terbaru nya, tapi belum banyak info tentang Honda New Megapro VS Yamaha Byson , ini dia sedikit informasi tentang Honda New Megapro VS Yamaha Byson dari segi Harga dan Spesifikasi Mesin ....


Honda New Mega Pro

Motorsport yang lebih dulu keluar di India dengan nama Unicorn Dazzler ini meskipun kapasitas mesinya diturunkan menjadi 150cc saja tenaganya tetap terjaga sebesar 10,1KW atau sekitar 13PS lebih karena mengusung teknologi terbaru Honda. Dengan desain lebih modern ketimbang model lawas, Honda sepertinya memang sudah tidak bersifat konservatif seperti era lama, banyak sentuhan baru di motor “Primus” ini seperti bentuk lekuk tangki yang sporti banget tidak kayak model lama yang terlihat cupu, penambahan air scoop yang sebenarnya menurutku keliatan kebesaran, pemasangan batok lampu yang mulai ngetren lalu paling kentara pada suspensi belakang yang sudah mono shock meninggalkan era lama double shock.

Harga yang ditawarkan pabrikan sayap mengepak ini kelihatan sangat murah karena sudah diturunkan 1juta dibanding Mega Pro lama. Selain itu, jika dibandingkan dengan Yamaha Vixion juga tetap lebih murah New Mega Pro 1juta. Tetapi entah nanti Yamaha Byson bisa lebih murah atau tidak dari Honda New Mega Pro.
kelemahan dan kelebihan Honda new mega pro

spesifikasi lengkap Honda New Mega Pro::

* Harga : Rp 19.500.000,- (OTR Jakarta)
* Tipe mesin : 4 langkah, OHC, pendinginan udara
* Kapasitas mesin : 149,2 cc
* Perbandingan Kompresi : 9,5 : 1
* Daya Maksimum : 10,1 kW / 8.500 rpm
* Torsi Maksimum : 12,8 Nm / 6.500 rpm
* Panjang X lebar X tinggi : 2.050 x 757 x 1.075 mm
* Jarak Sumbu Roda : 1.313 mm
* Jarak terendah ke tanah : 152 mm
* Berat kosong : 136 kg
* Tipe rangka : Pola Berlian (diamond steel)
* Tipe suspensi depan : Teleskopik
* Tipe suspensi belakang : Tunggal (monoshock) dapat di setel keras dan lembut
* Ukuran ban depan : 80/100 – 17 M/C 46P – Tubeless
* Ukuran ban belakang : 100/80 – 17 M/C 55P – Tubeless
* Rem depan : Cakram hidrolik, dengan piston ganda
* Rem belakang : Cakram hidrolik dengan piston tunggal
* Kapasitas tangki bahan bakar : 12,0 liter
* Kapasitas Minyak Pelumas Mesin : 1 liter pada penggantian periodik
* Kopling Otomatis : Manual, Multiplate Wet Clutch
* Gigi Transmsi : 5 kecepatan
* Pola Pengoperan Gigi : 1-N-2-3-4-5
* Starter : Pedal & starter elektrik
* Aki : MF 12 V – 5 Ah
* Busi : NGK CPR8EA-9 / NGK CPR9EA-9
* Sistem Pengapian : DC – CDICDI


Yamaha Byson

Jika dilihat dari bentuk tangki motor, Yamaha Byson kelihatan lebih berotot dari pada Honda Mega Pro karena adanya lekuk-lekuk khas motor aliran streetfighter sejati, padahal sebenarnya volume tangki sama-sama 12 liter. Bentuk knalpot yang lebih gemuk juga kelihatan lebih asyik dilihat ketimbang milik Mega Pro yang masih biasa-biasa saja.

Teknologi dari motorsport keluaran pabrikan garpu tala ini sebenarnya masih konvensional sama seperti pada Mega Pro seperti rangka motor underbone dan mesin masih karburator, sehingga harganya pasti lebih murah ketimbang Vixion, bahkan bisa lebih murah dari Honda New Mega Pro. Tenaga yang dikeluarkan Byson 14PS ternyata lebih gede dari pada Mega Pro, tapi masih dibawah Vixion (14,88PS). Tapi bisa jadi kehadiran Yamaha Byson justru mengeruk pasar Yamaha Vixion karena lebih terjangkau dan lebih simpel perawatanya.

Tapi ada beberapa Kelebihan Dan Kekurangan Yamaha Byson yang Harus anda ketahui.

spesifikasi lengkap Yamaha Byson::

* Mesin : Air-cooled, 4-stroke, SOHC, 2-valve
* Kapasitas : 153.0cc
* Bore & Stroke 58.0 × 57.9mm
* Rasio kompresi : 9.5:1
* Tenaga maksimum : 14PS / 7500 rpm
* Torsi maximum : 14 N.m / 6000 rpm
* Ignition type : C.D.I. with 3 dimension digital
* Primary/secondary reduction ratio 3.409 / 2.857
* Transmisi : 5-speed
* Gear ratio 1st=2.714 2nd=1.789 3rd=1.318 4th=1.045 5th=0.875 Cylinder layout Single Cylinder
* Panjang × Lebar × Tinggi : 1,970mm × 770mm × 1,085mm
* Wheelbase : 1,335mm
* Ground clearance : 160mm
* Berat : 135 kg
* Fuel tank volume : 12 liters
* Engine oil volume : 1.2 liters

Kesimpulan::
# Yamaha Byson kelihatan lebih berotot dari pada Honda Mega Pro karena adanya lekuk-lekuk khas motor aliran streetfighter sejati
# Tenaga yang dikeluarkan Byson 14PS ternyata lebih gede dari pada Mega Pro
# lebih murah New Mega Pro 1juta jika dibandingkan dengan Yamaha Vixion




Yamaha Byson versus Yamaha New Scorpio

New Yamaha Bison 2010 - fz160 "Makin Sangar nih Gan"

Memang benar secara spesifikasi teknis Yamaha FZ160 Bison berada dibawah V-Ixion. Tenaga FZ160 Bison cuma 14hp dan Torsinya cuma 13.6nm bandingkan dengan V-ixion yang mencapai 16hp dan Torsinya yang mencapai 14,5 nm Teknologi yang diusung juga jauh, V-Ixion sudah Injeksi SOHC dan sudah menggunakan radiator.

Penampilan FZ160 mampu mengalahkan spesifikasi dan performa V-Ixion

Ok, dari segi penampilan FZ160 jelas terlihat lebih garang. Pasalnya basis model yang digunakan adalah Yamaha FZ6 dan FZ1 yang merupakan streetfighter sejati. Dan seperti biasa disini penampilan adalah segala galanya, seperti juga artis sinetron dimana penampilan tampang lebih penting dibanding kemampuan akting .









Yamaha New Scorpio Z, Asik Buat Mejeng dan Touring


JAKARTA- Yamaha Scorpio ganti baju. Kini penampilannya lebih stylish, gagah, dan macho. Namun untuk mesinnya masih serupa dengan Scorpio terdahulu.

Manager Technical Support Service Division PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) Muhamad Abidin menilai, kini Scorpio bisa diajak mejeng tapi juga masih tangguh dibawa touring atau menjelajah.

"Dulu mungkin Scorpio hanya identik dengan motor penjelajah, tapi sekarang kita pikirkan pula desainnya agar bisa juga dipakai bergaya," papar dia ketika ditemui di Cafe Le Bride, Jakarta, Selasa (21/9/2010).

Ia menyebutkan, perubahan wajah Scorpio ini seiring hadirnya motor sport terbaru lainnya dari Yamaha, yakni Byson. "Banyak yang komentar Byson hadir dengan penampilan yang begitu gagah lantas apakah akan mengubur Scorpio? Nah ini jawabannya," kekeh Abidin.

Rombakan pada desain headlamp yang mengadopsi lampu depan FZ8 serta bodi yang dicomot dari Yamaha MT-01 dan stoplamp menggunakan LED, kata dia, jelas meningkatkan penampilan New Scorpio. "Sekarang gak kalah gaya dengan Byson," ucapnya.

Sedangkan untuk kemampuannya, YMKI menilai mesin 223 cc 4-tak SOHC air cooled masih sanggup digunakan untuk keperluan touring bagi biker yang gemar menjelajah.

Mesin yang serupa dengan generasi Scorpio sebelumnya ini tetap memiliki daya 18,2 PS pada 8.000 rpm dengan torsi puncak hingga 17.5 NM di putaran 6.500 rpm.

Kaki-kakinya pun tak mengalami banyak perubahan. New Scorpio masih menggunakan ban berukuran 80/100-18 di depan serta 100/90-18 pada bagian belakang. Untuk ban depan disandingkan dengan rem cakram, sementara ban belakang masuh menganut rem tromol.